Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

ILMU FOOOD AND BEVERAG  

Syukur alhamdulillah, saya ucapkan kepada ALLAH SWT, yang karena bimbingannyalah saya bisa membagi apa tu ilmu Food and Beverage, dan saya ucapkan pula terimakasih kepada Dosen pembimbing, dan kepada kampus POLITEKNIK API YOGYAKARTA, semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua. AAMIIIN.. 
Apakah ilmu food and beverage itu? dan apa saja yang harus kita ketahui?


Pada intinya ilmu food and beeverage ini sangat berkaitan dengan ilmu memasak, dan saya kali ini akan membahas tentang dasar-dasar memasak. lets read!!


               Dasar- Dasar Memasak
Sumber: Mata Kuliah Pengolahan Makanan
Dosen: Arti Setiarti Amd

1. Frying
Frying adalah metode memasak makanan dalam minyak atau lemak. Secara kimiawi, lemak dan minyak adalah sama, perbedaanya hanya terletak pada titik leleh. Istilah minyak digunakan untuk jenis lemak yang cair pada suhu ruang sedangkan lemak digunakan untuk lemak yang padat pada suhu ruang.
di tehnik ini kalian bisa buat berbagai macam makanan tentunya dari tempe goreng,ayam goreng dan lain-lain








2. Deep-frying










Deep-frying adalah metode menggoreng dengan minyak berjumlah banyak sehingga semua bagian makanan yang digoreng terendam di dalam minyak panas. Deep frying diklasifikasikan ke dalam metode memasak kering sebab tidak ada air yang digunakan dalam proses memasak tersebut.
tehnik ini biasa di lakuin kalau kalian mau mendapatkan makanan dengan matang yang optimal,contoh makanan yang biasa menggunakan tehnik ini adalah french fries (kentang goreng)

3. Grilling

Grilling adalah bentuk memasak makanan yang melibatkan panas langsung. Sumber panas yang dapat digunakan untuk griling ada tiga yaitu arang kayu, listrik dan gas. Sumber panas grilling berada di bawah makanan sedangkan broiling di atas makanan. Bahan-bahan yang dimasak dengan grilling ditempatkan ± 10 cm di atas sumber panas langsung.




4. Boiling

boiling adalah proses memasak makanan di dalam air mendidih, atau memasak makanan berbasis pada cairan seperti kaldu, santan atau susu yang direbus. Ketika bahan cair dipanaskan sampai titik didih (100C).
dengan tehnik ini kalian bisa bikin berbagai macam makanan,dari sup,atau mie instan, telur dan lain-lain.
tapi ada kelemahannya dalam merebus:
a.Kehilangan vitamin yang mudah larut dalam air.
b. Makanan terlihat kurang menarik apabila proses perebusan lama

sedang di rebus
setelah di rebus




5. Blanching

Blanching adalah teknik memasak dengan cara merebus sayuran atau buah ke dalam air yang telah mendidih dalam waktu cepat. Blanching sering digunakan dalam proses persiapan (preparing) bahan makanan (sayur atau buah) yang akan diolah lebih lanjut menjadi bentuk makanan lain. Bahan makanan yang diblanch dimasukkan ke dalam air mendidih selama 1-2 menit.
kalau kalian lagi laper bgt,bingung mau makanan apa dan cuma ada sayuran dan kacang goreng,kalian bisa buat gado-gado dengan tehnik ini.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

septiadi candra mengatakan...

Thank's infonya ..

febri wal mengatakan...

lumayan

febri wal mengatakan...

kapan lu buat ini..

febri wal mengatakan...

kurang banyak ini mah...

Rizki arif aprialdi mengatakan...

mantepkan...

Rizki arif aprialdi mengatakan...

hahaha

Posting Komentar